Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 10 April 2015

Bengkel AC Mobil Berkualitas

Share & Comment
Rancangan Sistem AC Mobil berbeda dengan AC di rumah atau ruangan, karena AC Mobil langsung berhubungan dengan panas mesin mobil (suhu 70-120 derajat Celcius), panas dari Sinar Matahari (40-60 derajat Celcius) dan juga panas dari Aspal Jalanan (50-60 derajat Celcius). Sehingga performasi kerja AC Mobil juga harus dijaga dalam kondisi prima 

Berikut gejala-gejala  AC tidak sehat dan perlu servis AC Mobil

1. Dalam pemakaian sehari2, Thermostat / pengatur suhu hampir selalu di posisi max.

2. Kecenderungan memakai blower lebih besar dari posisi 1 (minimum).
3. AC tetap jalan tapi sudah dirasakan tidak nyaman
4.  Ada bau tidak enak
5.  Suara aneh dari mesin
6.  Sering mati atau hanya keluar angin
7.  Sensor Mesin panas cenderung panas 


Berikut Saran/tip untuk Menjaga AC Mobil Anda :


  1. Rawat Mobil dengan service secara teratur secara berkala - 6 bulan, pastikan suhu keluar di ventilasi sekitar 8-10 derajat celcius, sehingga suhu di kabin mobil berkisar 24-26 derajat celcius.
  2. Ganti Oli Kompressor AC tiap 20,000km, Oli dengan kualitas sempurna dan jumlah yang tepat sangat vital untuk menjamin kompressor tetap awet dan enteng, Kompressor dengan kerja optimum akan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.  Periksalah OLI yang dipakai, hindari oli murah / KW tidak jelas pembuatnya, karena resiko nya terlalu besar. Oli ibarat darah di dalam tubuh, harus sempurna membawa oksigen (freon) ke seluruh tubuh (sistem AC),
  3. Pastikan jumlah/tekanan Freon di Mobil masih sesuai standar pabrik , Tekanan yang rendah/terlalu tinggi akan menyebabkan kerja kompressor yang berlebihan. Seperti ukuran tensi darah manusia, tekanan darah bisa bikin kepala pusing.
  4. Hindari kontaminasi , Oli kompressor AC (PAG Oil) sangat rentan terhadap kontaminasi (udara, R12, R22) sehingga akan berubah menjadi asam dan jadi sumber endapan/awal korosi (kebocoran). Kontaminasi seperti cholestrol di dalam tubuh, bisa membuat serangan jantung (kompresor macet)
  5. Bersihkan secara teratur kondenser mobil dari kotoran/serangga yang menempel. Ibarat manusia bernafas, pastikan seluruh jalan nafas (tidak ada sumbatan) sehingga udara dari paru2 (condensor) bisa keluar masuk sempurna.
  6. Extra Fan di Condenser harus bekerja (berputar) jika AC dinyalakan, jika Extra Fan mati, suhu kompressor akan panas dan Suhu AC tidak akan maksimum, dalam 2-3 bulan kompressor akan rusak. 
  7. Perhatikan Indikator Panas Mesin Mobil, Suhu Mesin Mobil yang terlalu panas (overheat) akan menyebabkan Performance AC menurun, sehingga jika Mesin Mobil ada kecenderungan panas, segera ke Bengkel Mobil untuk diperiksa. Gantilah coolant radiator mobil sesuai anjuran. Seperti manusia jika berolah raga atau sakit panas, maka harus memakai pakaian tipis sehingga suhu badan bisa menurun.
  8. Kompressor di AC Mobil di fungsikan/atur oleh magnet clutch yang di mengontrol arus listrik dari Accu Mobil.  Accu/Battery Mobil yang lemah dapat menyebabkan magnet clutch di kompressor rusak, segera ganti jika sudah performansi di bawah 20%. 
  9. Rutin jaga kebersihan di dalam Mobil agar udara AC Mobil tetap bersih dan nyaman. Debu dapat menumpuk di bagian blower/evaporator dan mengakibatkan AC tidak nyaman. 
  10. Jika AC Mobil tiba2 tidak bekerja atau dirasakan tidak nyaman segera ke Bengkel /Reparasi AC terpecaya untuk dilakukan pemeriksaan. Hal ini untuk menghindari permasalahan lebih besar.

Tags: ,

Written by

We are a team that contains a creative person and always give the best for you.

 

Popular Content

Recent Post

Pesan By Email

Why to Choose Valqis?

Valqis merupakan TEAM (Teamwork, Excellence, Achieving dan Moving forward)Kami Mengerjakan Dengan Semangat Tinggi dan Saling Kerja Sama Dan hasil akan Excellence
Copyright © Valqis! Indonesia | Designed by Valqis.com